Jumat, 08 Oktober 2010

Perairan Laut - sang pemisah pulau

Perairan Laut, di Bumi ini 3/4 bagiannya terdiri dari perairan. dari perairan tersebut 97,2% adalah perairan air asin atau biasa disebut Lautan atau samudra, sebenarnya ada pembedaan dalam perairan air asin ini...

1. Samudra
2. Laut
3. Terusan
4. Selat
5. Teluk

langsung saja dibahas ya:

1. Samudra (juga dieja Samudera) atau Lautan (dari bahasa Sansekerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar.
Ada lima samudra di bumi yaitu:
  • Samudra Arktik
  • Samudra Atlantik
  • Samudra Hindia
  • Samudra Pasifik / Lautan Teduh
  • Samudra Antarktika / Lautan Selatan
Samudra meliputi 71% permukaan bumi, dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter. (Perhitungan tersebut tidak termasuk laut yang tak berhubungan dengan samudra, seperti Laut Kaspia).

2. Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra.
Air di laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.





3. terusan adalah lautan yang dibuat manusia dengan sengaja pada tanah genting yang menghubungkan 2 laut yang diapit suatu daratan, hal ini dilakukan dengan tujuan tujuan pelayaran agar kapal dapat memperpendek jalur pelayaran.
 



4. Selat, sebuah wilayah perairan (laut) yang relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar atau dalam, atau menghubungkan permukaan daratan. Selat buatan disebut terusan atau kanal.





5. Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.
Teluk-teluk terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab.
Beberapa teluk besar di Indonesia adalah Teluk Cenderawasih di Irian, Teluk Tomini di Sulawesi, dan Teluk Bone, juga di Sulawesi.

Tidak ada komentar: